Beranda Artikel WAGS

WAGS

46
0
Advertisement

WhatsApp Group Discussion Sahabat YAIDS

Yo, Sahabat YAIDS,

Pada hari Sabtu tanggal 11 April 2020 kemarin, Yayasan AIDS Indonesia telah mengadakan program baru, yaitu WhatsApp Group Discussion Sahabat YAIDS atau biasa disingkat WAGS. Di mana di momen tersebut dijadikan sebagai sarana KIE Online berupa diskusi grup WhatsApp yang dimoderasi langsung oleh admin Yayasan AIDS Indonesia, dan melibatkan relawan Yayasan AIDS Indonesia untuk menjadi fasilitator atau berperan untuk memberikan informasi kepada semua partisipan didalam grup tersebut, baik informasi seputar HIV & AIDS ataupun informasi tentang kelembagaan Yayasan AIDS Indonesia sendiri. Sedangkan untuk partisipannya sendiri merupakan masyarakat luas, KIE Online adalah salah satu bentuk inovasi Yayasan AIDS Indonesia untuk tetap menjalankan fungsinya sebagai lembaga pemberi informasi seputar HIV & AIDS kepada masyarakat luas. “Kenapa sih sekarang Yayasan AIDS Indonesia ada hal seperti ini?”, nah jawaban dari pertanyaan ini adalah karena kondisi saat ini dimana pandemi Corona di Indonesia belum berakhir, dan ada peraturan pemerintah provinsi DKI Jakarta terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai batas waktu tertentu di mana pemerintah menyarankan masyarakat agar tidak keluar dari rumah masing-masing. Maka dari itu untuk menyikapi peraturan pemerintah tersebut Yayasan AIDS Indonesia dalam perannya di masyarakat untuk memberikan informasi terkait HIV & AIDS kepada masyarakat luas secara langsung tatap muka dan interaktif, tidak bisa menjalankan fungsinya jika keadaan seperti ini tetap berlangsung. Akhirnya setelah melalui pertemuan dan diskusi internal yang intensif, segenap Dewan Pengurus dan staff program Yayasan AIDS Indonesia memutuskan untuk memanfaatkan semua media sosial Yayasan AIDS Indonesia untuk bisa tetap memberikan informasi terkait HIV & AIDS kepada masyarakat, selain media sosial Yayasan AIDS Indonesia juga mengembangkan sayapnya melalu akun resmi Youtube yang kedepannya akan memberikan konten-konten menarik untuk masyarakat luas, meski tidak tatap muka secara langsung seperti kegiatan KIE pada umumnya. Dalam kesempatan KIE Online WhatsApp Group Discussion kali ini Yayasan AIDS Indonesia memanfaatkan platform aplikasi chatting WhatsApp untuk memberikan informasi dan juga konseling secara privat kedepannya.

Advertisement

Kegiatan KIE Online tanggal 11 April 2020 kemarin terbuka untuk partisipan secara umum, tidak terbatas kepada suatu lembaga, institusi, ataupun komunitas tertentu, jadi setiap individu yang ingin mengikuti kegiatan KIE Online WAGS cukup mengunduh aplikasi WhatsApp dari gawai masing-masing, yang sudah memiliki aplikasi WhatsApp bisa langsung ikut berdiskusi dan berinteraksi dengan fasilitator relawan Yayasan AIDS Indonesia dari tautan grup yang dibagikan oleh admin WhatsAp Yayasan AIDS Indonesia, secara total ada 62 partisipan dalam WhatsApp Group Discussion Sahabat kemarin, partisipan tidak hanya berasal dari wilayah DKI Jakarta saja, namun ada juga beberapa partisipan yang berasal dari luar wilayah DKI Jakarta. Seperti KIE pada umumnya, KIE Online WAGS juga memiliki format yang sama, yaitu memberikan informasi seputar HIV & AIDS, namun tidak cuma pemberian informasi saja, para partisipan juga bisa bertanya langsung kepada fasilitator Yayasan AIDS Indonesia terkait HIV & AIDS, ataupun melakukan konseling seseudahnya. Mas Anink Edyson yang berperan sebagai fasilitator relawan Yayasan AIDS Indonesia saat itu juga bisa memberikan informasi yang baik dan jelas kepada semua partisipan yang mengikuti. Dengan lugasnya beliau mampu menjawab pertanyaan yang diajukan partisipan ketika sesi tanya jawab dibuka. Respon dari para partisipan yang mengikuti kegiatan WhatsApp Group Discussion Sahabat YAIDS cukup baik, para partisipan aktif dan interaktif dalam kegiatan tersebut, banyak pertanyaan yang diajukan oleh partisipan, seperti kelangkaan obat ARV di beberapa daerah di Indonesia, kabar terkini situasi HIV & AIDS di Indonesia, ada juga pertanyaan yang menyangkut korelasi seorang ibu yang HIV positif dan pencegahan penularannya kepada anaknya yang masih menyusui. Ada juga partisipan yang membagikan pengalaman hidupnya sebagai ODHIV di dunia kerja. Setelah kegiatan ini berakhir, bukan berarti para partisipan tidak bisa lagi mengajukan pertanyaan ataupun konseling, para peserta diarahkan ke nomor WhatsApp resmi Yayasan AIDS Indonesia jika masih ada pertanyaan yang ingin disampaikan ataupun melakukan konseling secara privat dengan admin WhatsApp Yayasan AIDS Indonesia.

Kedepannya kegiatan ini akan diadakan lebih sering lagi dengan kerjasama berbagai komunitas dan instansi, KIE Online WAGS ini juga akan melibatkan relawan-relawan Yayasan AIDS Indonesia yang lainnya untuk berperan sebagai fasilitator. Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar saat ini bukan berarti mematikan langkah Yayasan AIDS Indonesia sebagai lembaga pemberi informasi dan pencegahan seputar HIV & AIDS, namun Yayasan AIDS Indonesia justru harus bisa bertransformasi dan mengikuti perkembangan jaman dan keadaan untuk bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. KIE Online WAGS bukan cuma satu-satunya program Yayasan AIDS Indonesia saat ini, kedepannya akan lebih banyak program yang dimiliki Yayasan AIDS Indonesia, tunggu inovasi-inovasi selanjutnya yang akan dibuat oleh Yayasan AIDS Indonesia ya Sahabat YAIDS.

Yuk terhubung dengan yaids di sosial media kita :
Instagram
Twitter
Facebook
Youtube
E-mail: info@yaids.com
Hotline: (021) 549-5313
WhatsApp: +62 813-6099-1993 (Konseling dan Chat Only)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here