Beranda All News & Media PENTINGNYA PELAYANAN KESEHATAN BAGI ODHA DAN MASYARAKAT

PENTINGNYA PELAYANAN KESEHATAN BAGI ODHA DAN MASYARAKAT

170
0
Advertisement

Masyarakat memiliki kegiatan sehari-hari yang padat maka mudah sekali untuk virus masuk kedalam sistem tubuh manusia, maka dari itu penting untuk kita saling menjaga pola kesehatan yang baik.

Kesehatan adalah faktor penting dalam kehidupan. Dengan adanya kesehatan, kita mampu mengerjakan berbagai macam kegiatan dengan baik. Kesehatan tidak selamanya mengalami kondisi baik, akan ada massanya kondisi tubuh menjadi sakit. Oleh sebab itu, dibutuhkannya fasilitas pelayanan kesehatan dalam menunjang segala aspek kehidupan.

Advertisement

Kepentingan adanya fasilitas pelayanan kesehatan bertujuan untuk mewadahi segala kebutuhan masyarakat terutama dalam hal kesehatan. Namun sayangnya pelayanan kesehatan saat ini dinilai kurang informatif terutama pada isu HIV dan AIDS seperti bagi seorang ODHIV dan ODHA. Informasi yang dinilai masih kurang seperti dalam hal penanganan masyarakat terutama ODHA yang telah terdiagnosa terpapar virus HIV dan AIDS untuk mendapatkan penanganan khusus seperti mendapatkan obat ARV dan sebagainya.

Masyarakat dan khususnya ODHA sangat membutuhkan informasi yang baik dan lengkap tentang kebutuhan yang dibutuhkan untuk menekan angka penyebaran virus HIV. Pelayanan kesehatan merupakan hal yang penting bagi masyarakat, karena sebuah pelayanan merupakan salah satu perawatan menuju kesembuhan dan kesehatan yang lebih baik, ketika didiagnosis HIV pasti muncul rasa takut dalam artian takut akan masyarakat tidak menerima sampai ODHA mengalami gangguan mental dan keputusasaan, hal tersebut dialami karena ODHA kurang mengetahui informasi mengenai virus HIV.

sumber: https://media.neliti.com/media/publications/128055-ID-memahami-rekonstruksi-kebahagiaan-pada-o.pdf

Pelayanan kesehatan masyarakat merupakan sebuah penyuluhan kepada masyarakat terutama masyarakat yang membutuhkan pelayanan tersebut, pelayanan kesehatan memiliki beberapa sifat yaitu sifat  promotif dan preventif yang mengarah kepada memperkenalkan masyarakat bagaimana pola hidup sehat serta bagaimana cara mencegah timbulnya virus. Pelayanan kesehatan secara kuratif dan rehabilitatif merupakan sifat pelayanan yang melayani penyembuhan serta pengobatan kepada masyarakat. sumber : https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/hsr/article/download/231/572

 

 

APA PENTINGNYA PELAYANAN KESEHATAN BAGI ODHA

Pelayanan Kesehatan merupakan segala bentuk fasilitas yang ada pada bidang kesehatan. Bentuk pelayanan kesehatan yang sangat diperlukan bagi masyarakat terutama ODHA adalah informasi, kebijakan, dan layanan fasilitas pengobatan HIV dan AIDS.

Bagi seorang ODHA, penyakit HIV dan AIDS saat ini masih sensitif terutama pada bentuk stigma yang dinilai aib bahkan hal yang sangat ditakuti di masyarakat. Padahal yang sangat dibutuhkan oleh seorang ODHA adalah hidup tenang tanpa diskriminatif. Proses pembentukan penghapusan stigma itu semua tentu tidaklah mudah, melainkan dibutuhkannya edukasi dan informasi lengkap tentang cara atau proses penularan virus yang tidak serta merta virus tersebut dapat tersebar begitu saja.

Proses pembentukan stigma tersebut dapat dicegah jika semua aktor dalam masyarakat, pemerintah, dan fasilitas kesehatan bergotong – royong memberikan pelayanan kesehatan terhadap ODHA dan masyarakat terutama pada akses informasi dan bentuk edukasi yang tidak menimbulkan persepsi atau stigma negatif terhadap ODHA.

Bagi ODHA, semua bentuk pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan. Pelayanan kesehatan yang menyajikan berbagai macam kemudahan terutama dalam hal yang berkaitan dengan isu HIV dan AIDS. Dari proses skrining, konseling dan informasi terkait pengobatan seperti bagaimana cara mendapatkan obat HIV yang disebut antiretroviral (ARV).

Pelayanan kesehatan bagi ODHA merupakan hal yang penting agar dapat mencegah terpaparnya HIV, dalam pelayanan kesehatan bagi ODHA juga memiliki pengobatan – pengobatan yang dapat menekan perkembangan virus. Selain itu dukungan keluarga serta lingkungan juga sangat penting bagi ODHA agar proses penghentian virus cepat membaik. Diharapkan adanya pelayanan kesehatan dapat mengurangi terpaparnya HIV.

Menurut undang-undang no. 40 tahun 2004 mengenai sistem jaminan sosial nasional (SJSN) bahwa jaminan sosial adalah suatu bentuk perlindungan sosial yang dirancang untuk menjamin bahwa semua orang memenuhi kebutuhan dasarnya untuk kehidupan yang sejahtera, undang-undang tersebut merupakan pesan jaminan hak kesehatan untuk ODHA.  sumber: https://www.kemkes.go.id/article/print/2142/odha-berhak-mendapatkan-jaminan-kesehatan.html

Pelayanan kesehatan bagi ODHA juga sangat penting bagi lingkungan keluarga, karena keluarga merupakan orang-orang yang sangat penting dalam kehidupan sebagian besar orang. Maka dari itu pentingnya mengutamakan pelayanan kesehatan di dalam lingkungan keluarga, terutama keluarga yang memiliki ekonomi yang kurang dan susah untuk menjangkau pelayanan kesehatan. sumber : https://osf.io/7j63d/download  

BENTUK PELAYANAN KESEHATAN YANG WAJIB ADA BAGI ODHA DAN MASYARAKAT

Saat ini kesehatan merupakan hal yang dinomorsatukan. Hal ini karena kesehatan tidak dapat dibayar oleh apapun. Karena begitu berharganya, diperlukan berbagai macam pencegahan segala hal yang menyebabkan kondisi tubuh agar tetap sehat. Pencegahan dapat diperoleh dengan cara hidup sehat, tidak melakukan hal yang berisiko terpapar penyakit dan lain sebagainya.

Pada hakikatnya pelayanan kesehatan yang wajib untuk masyarakat dan khususnya ODHA ada seharusnya ketika sebelum, sedang dan sesudah terinfeksinya penyakit atau virus pada tubuh manusia. Dari semua itu dibutuhkan upaya dari berbagai pihak di dalamnya terutama pemerintah, pelayanan kesehatan dan masyarakat.    

Dalam pelayanan kesehatan memiliki banyak proses dalam membantu ODHA dan masyarakat mulai dari pengobatan, penyediaan perawatan hingga proses lainnya. ODHA tentu memiliki beberapa kriteria, mulai dari umur bahkan tingkat ekonomi. Tentu akhir-akhir ini sangat sulit menemukan pengobatan mulai dosis untuk anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini ditandai oleh ada kurangnya kemudahan informasi yang didapat oleh ODHA seperti harus kemana mendapatkan pengobatan dan obat untuk tingkat pertama, kedua dan seterusnya.

Bagi masyarakat yang kian bertambah di setiap tahunnya khususnya anak yang baru lahir, kini informasi untuk tes HIV didapatkan untuk anak masih kurang dipublikasikan. Oleh sebab itu bentuk pelayanan yang wajib juga antara lain pemberian informasi kepada masyarakat untuk mendapatkan fasilitas tes HIV sejak dini.

Faktor ekonomi menyebabkan sulitnya masyarakat dalam menjangkau segala bentuk pelayanan kesehatan. Hal inilah yang menjadikan faktor penting dari segala faktor yang ada. Oleh sebab itu, bentuk pelayanan yang dibutuhkan adalah tentang hak kesehatan untuk semua orang tanpa terkecuali. Dan orang yang mempunyai kebutuhan khususnya ekonomi lebih diprioritaskan.

Pelayanan kesehatan berbasis kelas sosial seharusnya bisa diantisipasi oleh pemerintah. Sebab, akan menimbulkan kecemburuan sosial yang memungkinkan kesehatan masyarakat hanya dinilai oleh seberapa besar kemampuan ekonomi seseorang. Seperti halnya ODHA, tidak semua ODHA memiliki taraf perekonomian yang baik, bahkan banyak yang tidak dalam kategori orang dengan kelas sosial yang tinggi. Oleh sebab itulah, pemerintah harus menjangkau segala aspek kehidupan warganya terutama pada aspek kesehatan. https://www.who.int/hiv/pub/guidelines/who_ilo_guidelines_indonesian.pdf

 

HARAPAN SETELAH ADANYA PELAYANAN KESEHATAN BAGI ODHA

Adanya pelayanan kesehatan bagi ODHA dapat membantu masyarakat terutama masyarakat yang sangat membutuhkan ataupun yang memiliki ekonomi yang kurang, dengan adanya pelayanan kesehatan masyarakat dapat membantu masyarakat  lebih mudah untuk berkonsultasi langsung dengan pihak medis serta yang memiliki perekonomian yang kurang dapat terbantu perekonomiannya

Diharapkan setelah adanya pelayanan kesehatan bagi ODHA dapat menghambat dan menghentikan HIV, dengan adanya pelayanan kesehatan dan pengobatan terapi Antiretroviral yang efisien diharapkan dapat menekan perkembangan virus serta menjaga kesehatan ODHA. Masyarakat juga diharapkan mengambil pembelajaran untuk tidak melakukan seks berisiko serta mencari lingkungan yang positif.

sumber : https://www.who.int/hiv/pub/guidelines/who_ilo_guidelines_indonesian.pdf

Diharapkan juga agar mengurangi diskriminasi terhadap ODHA dan masyarakat lebih belajar dari ODHA yang mendapatkan pelayanan kesehatan, untuk selalu menjaga kesehatan dan mencegah terpaparnya HIV. Agar kedepannya dapat membangun generasi yang lebih sehat dan juga lebih mengerti keadaan ODHA dan tidak ada lagi pendiskriminasian.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here